Wednesday, October 9, 2013

MANUSIA (THE HUMAN) pt1

TUGAS RESUME IMK

MANUSIA dalam imk (interaksi manusia dan komputer)
Input dan output Informasi pada manusia terdiri dari haptic pendengaran visual, gerakan. Sedangkan Informasi yang tersimpan dalam memori ada yang sensorik, jangka pendek, dan jangka panjang. informasi itu diterapkan dengan penlaran, pemecahan masalah, keterampilan, kesalahan. Terkadang Emosi mempengaruhi kemampuan dasar pada manusia dan juga karna Setiap orang berbeda.

PENGLIHATAN pada manusia
Ada dua tahapan dalam penglihatan, pertama penerimaan rangsangan secara fisik, kedua pemrosesan dan penerjemahan dari rangsangan itu.

MATA- dan reaksi fisik/tubuh
mekanisme untuk menerima cahaya dan mengubahnya menjadi energi listrik, cahaya mencerminkan dari sebuah objek, gambar difokuskan terbalik dalam retina, retina mengandung batang untuk visi cahaya rendah dan kerucut untuk penglihatan warna, Sel-sel ganglion (otak) yang mendeteksi pola dan pergerakan.

MENERJEMAHKAN ISYARAT (sinyal)
Ukuran dan kedalaman sudut penglihatan menunjukkan berapa banyak pandangan benda yang mengisi? (berhubungan dengan ukuran dan jarak dari mata), sedang ketajaman penglihatan  kemampuan untuk melihat detail akan tetapi terbatas. Obyek akrab dianggap sebagai ukuran konstan? (terlepas dari perubahan sudut visual ketika jauh) isyarat seperti tumpang tindih persepsi bantuan ukuran dan kedalaman.

kecerahan
Reaksi subjektif dengan tingkat cahaya, dipengaruhi oleh pencahayaan obyek diukur dengan hanya perbedaan nyata ketajaman meningkat visual dengan pencahayaan seperti halnya kedipan.

Warna
terdiri dari warna, intensitas, saturasi, kerucut yang sensitif terhadap panjang gelombang warna ketajaman biru terendah. Dan perlu ketahui bahwa 8% laki-laki dan 1% perempuan cenderung mengalami buta warna.

Sistem visual terkompensasi untuk: gerakan dan perubahan dalam pencahayaan. Konteks digunakan untuk menyelesaikan ambiguitas, sedang Ilusi optik kadang-kadang terjadi karena diluar kompensasi.

MEMBACA
Tahapannya : pola visual yang dirasakan, diterjemahkan menggunakan representasi internal bahasa dan diinterpretasikan dengan menggunakan pengetahuan tentang sintaks , semantik , pragmatik. Membaca melibatkan saccades dan kefokusan sedangkan Persepsi terjadi selama kita fokus. Bentuk kata penting untuk penjelasan. Kontras yang negativ meningkatkan pembaca dari layar komputer

PENDENGARAN
Menyediakan informasi tentang lingkungan : jarak, arah , obyek dsb. Meknisme Fisik :
  • telinga luar - melindungi bagian dalam dan menguatkan suara
  • telinga tengah - mentransmisikan gelombang suara sebagai ? getaran ke telinga bagian dalam
  • telinga bagian dalam - pemancar kimia dilepaskan ? dan menyebabkan impuls di saraf pendengaran. Manusia dapat mendengar frekuensi dari 20Hz sampai 15kHz, frekuensi kurang akurat membedakan frekuensi tinggi dan rendah. Filter sistem pendengaran suara, dapat hadir untuk suara lebih dari kebisingan latar belakang . misalnya , fenomena pesta koktail.
jenis dalam Suara
  • Lapangan     - frekuensi suara
  • kenyaringan  - amplitudo
  • timbre           - jenis atau kualitas
Filter sistem pendengaran suara, dapat hadir untuk suara lebih dari kebisingan latar belakang . misalnya , fenomena pesta koktail .

MENYENTUH
Menyediakan umpan balik yang penting tentang lingkungan. Mungkin indra utama bagi seseorang yang tunanetra . Stimulus diterima melalui reseptor di kulit :


  • thermoreceptors - panas dan dingin
  • nociceptors - nyeri
  • mechanoreceptors - tekanan ? (beberapa instan , beberapa kontinu)
  • Beberapa daerah lebih sensitif daripada yang lain misalnya jari .
  • Kinethesis - kesadaran posisi tubuh mempengaruhi kenyamanan dan kinerja 

0 comments:

Post a Comment