GERAKAN
Waktu pergerakan
tergantung pada usia , kebugaran dll
Waktu reaksi - tergantung pada jenis stimulus yaitu visual ~ 200ms, pendengaran ~ 150 ms, nyeri ~ 700ms. Meningkatkan waktu reaksi berkurang akurasi di operator terampil tetapi tidak di operator terampil. Hukum Fitts ' menggambarkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran layar :
Waktu reaksi - tergantung pada jenis stimulus yaitu visual ~ 200ms, pendengaran ~ 150 ms, nyeri ~ 700ms. Meningkatkan waktu reaksi berkurang akurasi di operator terampil tetapi tidak di operator terampil. Hukum Fitts ' menggambarkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran layar :
Mt = a b log2 ( D / S 1
)
dimana : a dan b secara
empiris ditentukan konstanta
Mt adalah waktu
pergerakan
D adalah Jarak
S adalah Ukuran target
INGATAN
Ada tiga jenis fungsi
ingatan:
- kenangan panca indra
- memori jangka pendek atau memori kerja
- Memori jangka panjang
Stimulus dari panca
indra, Pemilihan stimuli
diatur oleh tingkat gairah. zona untuk rangsangan yang diterima melalui indera
- 1. memori ikonik: rangsangan visual
- 2. memori yg menirukan bunyi: rangsangan aural
- 3. haptic memori: rangsangan taktil
contoh
"Kembang api"
jejak suara stereo
terus teringat seperti
itu
Memory Jangka Pendek
(Short Term Memory/STM)
Scratch-pad untuk
mengingat sementara, akses cepat ~ 70ms, membusuk ~ 200ms, kapasitas terbatas -
7 ± 2 potongan
Memory Jangka Panjang
(Long Term memory/LTM)
- akses lambat ~ 1/10 detik, peluruhan lambat, kapasitas besar atau tidak terbatas. dua jenis LTM :
- episodik - memori serial peristiwa
- semantik - memori terstruktur fakta, konsep, keterampilan
- semantik LTM berasal dari episodik LTM
seluk beluk jaringan
LTM bisa di lihat sebagai berikut :
LTM - Penyimpanan
informasi
Seumpama dengan latihan
maka informasi bergerak dari STM ke LTM dan juga memeprtimbangkan total waktu
hipotesis, menghitung bandingan dengan jumlah latihan , dan distribusi efek
latihan dioptimalkan dengan menyebarkan pembelajaran dari waktu ke waktu. struktur,
makna dan keakraban, informasi lebih mudah untuk diingat
LTM - Melupakan
Kasus kerusakan memory
atau lupa, informasi hilang secara bertahap tetapi sangat lambat. Interferensi,
informasi baru menggantikan yang lama: gangguan retroaktif. Faktor lain Dipengaruhi
oleh emosi - sadar bisa `memilih 'untuk melupakan
LTM - pengambilan
Dalam hal mengingat
kembali Informasi direproduksi dari memori dapat dibantu dengan isyarat,
misalnya kategori, citra.
BERFIKIR
Meliputi aktifitas
pertimbangan deduksi, induksi , pncidukan dan pemecahan masalah
PENALARAN DEDUKTIV
memperoleh kesimpulan
logis yang diperlukan dari tempat yang diberikan. misalnya Jika Jumat maka dia
akan pergi bekerja, akan tetapi Kesimpulan logis belum tentu benar, misalnya
Jika hujan maka tanah kering. Hari ini hujan, Oleh karena itu tanah kering. Merupakan
penalaran yang salah.
Ketika kebenaran dan
validitas logis bentrokan. misalnya Beberapa orang bayi. Beberapa bayi menangis.
dugaan - Beberapa orang menangis
PENALARAN INDUKTIF
Penjelasan dari kasus
terlihat kasus yang abstrak. misalnya semua gajah yang kita lihat memiliki
belalai? karena itu semua gajah memiliki belalai. Hal ini tidak dapat
diandalkan hanya dapat membuktikan palsu tidak benar, Tapi berguna ! karna Manusia
tidak pandai menggunakan bukti negatif.
PENALARAN ABDUCTIVE
penalaran dari “kejadian”
ke “akibat” (sebab akibat)
misalnya Sam mengemudi
dengan cepat ketika mabuk. Jika saya melihat Sam mengemudi cepat, asumsikan
mabuk . Tidak dapat diandalkan
: dapat menyebabkan penjelasan palsu.
PEMECAHAN MASALAH adalah Proses menemukan solusi untuk tugas asing
menggunakan pengetahuan.
Beberapa teori .
Gestalt
pemecahan masalah
produktif dan reproduktif. produktif mengacu pada wawasan dan restrukturisasi
masalah. Bukti menarik tetapi tidak cukup untuk menjelaskan ` wawasan ' dll. menjauh
dari behaviorisme dan memimpin ke arah teori pengolahan informasi
Teori ruang masalah
ruang masalah terdiri
dari masalah menyatakan pemecahan masalah melibatkan negara menghasilkan
menggunakan operator hukum heuristik dapat digunakan untuk memilih operator ?
misalnya analisis means-ends beroperasi dalam sistem pengolahan informasi manusia
? misalnya STM membatasi dll terutama diterapkan untuk memecahkan di wilayah
tertentu dan masalah ? misalnya teka-teki daripada bidang pengetahuan intensif
analogi
pemetaan analogis : masalah
baru dalam domain baru? menggunakan pengetahuan tentang masalah yang sama dari
domain yang mirip pemetaan analogis sulit jika domain yang berbeda semantik
kemampuan pendapat
pengelompokan konseptual
daripada dangkal masalah, Informasi terstruktur lebih efektif.
Kesalahan dan model
mental
JENIS KESALAHAN
Melakukan hal dengan
benar tetapi gagal untuk melakukannya dengan benar, Penyebab : keterampilan
fisik yang buruk , kurangnya perhatian dll. mengubah aspek perilaku terampil
dapat menyebabkan tergelincir
kesalahan
Penyebab : pemahaman yang salah. manusia menciptakan mental model untuk
menjelaskan perilaku . kalau salah ( berbeda dari sistem aktual ) kesalahan
dapat terjadi
emosi
Berbagai teori tentang
bagaimana emosi bekerja
James - Lange : emosi
adalah penafsiran kita respon fisiologis untuk rangsangan
Cannon : emosi adalah
respon psikologis untuk rangsangan
Schacter - Singer :
emosi adalah hasil dari evaluasi kami respon fisiologis kita , dalam seluruh
situasi kita berada dalam
Emosi jelas melibatkan
respon kognitif dan fisik terhadap rangsangan
perbedaan individu
- jangka panjang - Seks , kemampuan fisik dan intelektual
- jangka pendek - Pengaruh stres atau kelelahan
- berubah - usia
Namun , aplikasi yang
benar biasanya membutuhkan pemahaman konteks psikologi, dan pemahaman tentang
kondisi percobaan tertentu
untuk materi sebelumnya Manusia (The Human) pt1
untuk materi sebelumnya Manusia (The Human) pt1
0 comments:
Post a Comment