Thursday, October 10, 2013

MANUSIA (the human) pt2

GERAKAN
Waktu pergerakan tergantung pada usia , kebugaran dll
Waktu reaksi - tergantung pada jenis stimulus yaitu visual  ~ 200ms, pendengaran ~ 150 ms, nyeri ~ 700ms. Meningkatkan waktu reaksi berkurang akurasi di operator terampil tetapi tidak di operator terampil. Hukum Fitts ' menggambarkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran layar :

Mt = a b log2 ( D / S 1 )

dimana : a dan b secara empiris ditentukan konstanta
Mt adalah waktu pergerakan
D adalah Jarak
S adalah Ukuran target

INGATAN
Ada tiga jenis fungsi ingatan:

  •        kenangan panca indra
  •       memori jangka pendek atau memori kerja
  •       Memori jangka panjang

Stimulus dari panca indra, Pemilihan stimuli diatur oleh tingkat gairah. zona untuk rangsangan yang diterima melalui indera

  • 1.      memori ikonik: rangsangan visual
  • 2.      memori yg menirukan bunyi: rangsangan aural
  • 3.      haptic memori: rangsangan taktil
contoh
"Kembang api" jejak suara stereo
terus teringat seperti itu

Memory Jangka Pendek (Short Term Memory/STM)
Scratch-pad untuk mengingat sementara, akses cepat ~ 70ms, membusuk ~ 200ms, kapasitas terbatas - 7 ± 2 potongan

Memory Jangka Panjang (Long Term memory/LTM)

  • akses lambat ~ 1/10 detik, peluruhan lambat, kapasitas besar atau tidak terbatas. dua jenis LTM :
  • episodik - memori serial peristiwa
  • semantik - memori terstruktur fakta, konsep, keterampilan
  • semantik LTM berasal dari episodik LTM


seluk beluk jaringan LTM bisa di lihat sebagai berikut :


LTM - Penyimpanan informasi
Seumpama dengan latihan maka informasi bergerak dari STM ke LTM dan juga memeprtimbangkan total waktu hipotesis, menghitung bandingan dengan jumlah latihan , dan distribusi efek latihan dioptimalkan dengan menyebarkan pembelajaran dari waktu ke waktu. struktur, makna dan keakraban, informasi lebih mudah untuk diingat

LTM - Melupakan
Kasus kerusakan memory atau lupa, informasi hilang secara bertahap tetapi sangat lambat. Interferensi, informasi baru menggantikan yang lama: gangguan retroaktif. Faktor lain Dipengaruhi oleh emosi - sadar bisa `memilih 'untuk melupakan

LTM - pengambilan
Dalam hal mengingat kembali Informasi direproduksi dari memori dapat dibantu dengan isyarat, misalnya kategori, citra.

BERFIKIR
Meliputi aktifitas pertimbangan deduksi, induksi , pncidukan dan pemecahan masalah

PENALARAN DEDUKTIV
memperoleh kesimpulan logis yang diperlukan dari tempat yang diberikan. misalnya Jika Jumat maka dia akan pergi bekerja, akan tetapi Kesimpulan logis belum tentu benar, misalnya Jika hujan maka tanah kering. Hari ini hujan, Oleh karena itu tanah kering. Merupakan penalaran yang salah.
Ketika kebenaran dan validitas logis bentrokan. misalnya Beberapa orang bayi. Beberapa bayi menangis. dugaan - Beberapa orang menangis

PENALARAN INDUKTIF
Penjelasan dari kasus terlihat kasus yang abstrak. misalnya semua gajah yang kita lihat memiliki belalai? karena itu semua gajah memiliki belalai. Hal ini tidak dapat diandalkan hanya dapat membuktikan palsu tidak benar, Tapi berguna ! karna Manusia tidak pandai menggunakan bukti negatif.

PENALARAN ABDUCTIVE
penalaran dari “kejadian” ke “akibat” (sebab akibat)
misalnya Sam mengemudi dengan cepat ketika mabuk. Jika saya melihat Sam mengemudi cepat, asumsikan mabuk . Tidak dapat diandalkan : dapat menyebabkan penjelasan palsu.

PEMECAHAN MASALAH adalah  Proses menemukan solusi untuk tugas asing menggunakan pengetahuan.

Beberapa teori .
Gestalt
pemecahan masalah produktif dan reproduktif. produktif mengacu pada wawasan dan restrukturisasi masalah. Bukti menarik tetapi tidak cukup untuk menjelaskan ` wawasan ' dll. menjauh dari behaviorisme dan memimpin ke arah teori pengolahan informasi

Teori ruang masalah
ruang masalah terdiri dari masalah menyatakan pemecahan masalah melibatkan negara menghasilkan menggunakan operator hukum heuristik dapat digunakan untuk memilih operator ? misalnya analisis means-ends beroperasi dalam sistem pengolahan informasi manusia ? misalnya STM membatasi dll terutama diterapkan untuk memecahkan di wilayah tertentu dan masalah ? misalnya teka-teki daripada bidang pengetahuan intensif

analogi
pemetaan analogis : masalah baru dalam domain baru? menggunakan pengetahuan tentang masalah yang sama dari domain yang mirip pemetaan analogis sulit jika domain yang berbeda semantik

kemampuan pendapat
pengelompokan konseptual daripada dangkal masalah, Informasi terstruktur lebih efektif.
Kesalahan dan model mental

JENIS KESALAHAN
Melakukan hal dengan benar tetapi gagal untuk melakukannya dengan benar, Penyebab : keterampilan fisik yang buruk , kurangnya perhatian dll. mengubah aspek perilaku terampil dapat menyebabkan tergelincir

kesalahan
Penyebab : pemahaman yang salah. manusia menciptakan mental model untuk menjelaskan perilaku . kalau salah ( berbeda dari sistem aktual ) kesalahan dapat terjadi

emosi
Berbagai teori tentang bagaimana emosi bekerja
James - Lange : emosi adalah penafsiran kita respon fisiologis untuk rangsangan
Cannon : emosi adalah respon psikologis untuk rangsangan
Schacter - Singer : emosi adalah hasil dari evaluasi kami respon fisiologis kita , dalam seluruh situasi kita berada dalam
Emosi jelas melibatkan respon kognitif dan fisik terhadap rangsangan

perbedaan individu

  • jangka panjang  - Seks , kemampuan fisik dan intelektual
  • jangka pendek  - Pengaruh stres atau kelelahan
  • berubah - usia

Namun , aplikasi yang benar biasanya membutuhkan pemahaman konteks psikologi, dan pemahaman tentang kondisi percobaan tertentu


untuk materi sebelumnya Manusia (The Human) pt1


0 comments:

Post a Comment